Sering Typo Dalam Menulis Pesan Singkat, Kira-Kira Apa Penyebabnya?

 

60detik – Dalam sehari seberapa sering kamu mengirim atau membalas pesan yang masuk ke dalam smartphonemu? Tentu sangat banyak bukan. Kalau sudah begitu, tentu kamu sering juga typo saat menulis pesan.

Typo memang tak bisa dihindari, namun sebenarnya, apakah yang menyebabkan kita melakukan typo ketika menulis? Dihimpun oleh tim 60detik.com, ternyata ini penyebabnya.

 

Dilansir dari situs Science ABC, ternyata otak kita bekerja secara generalisasi, yakni otak memberikan fokus lebih tinggi pada tugas tingkat tinggi dan luas. Jadi, saat menulis, otak kita lebih fokus dalam menggabungkan kata demi kata dalam membentuk kesatuan makna yang ingin disampaikan tanpa memperhatikan urutannya.

 

Kepribadian?

Menurut sebuah penelitian yang melibatkan 83 peserta, ditemukan bahwa seseorang dengan kepribadian ekstrover cenderung memiliki kesalahan lebih sedikit bila dibandingkan dengan mereka yang berkepribadian introvert.

Ini karena seorang yang introvert akan membiarkan kesalahan begitu saja, berbeda dengan ekstrover yang lebih teliti

dan sangat peka terhadap kesalahan.

Posisi Mengetik yang Tidak Pas

Menurut penelitian, typo seringkali disebabkan oleh ketidaksesuaian posisi ketika mengetik. Oleh sebab itulah, smartphone berlayar penuh dan lebar sangat kamu perlukan demi mengurangi typo ketika menulis pesan singkat.

Smartphone berlayar penuh dan lebar dapat membantu mengurangi typo ketika menulis pesan singkat. (*)

About author View all posts Author website

60detik

Leave a Reply