Pemerintah Inggris pertimbangkan ganja sebagai obat bagi bocah penderita penyakit langka

60detik.com – Departemen Dalam Negeri Inggris mempertimbangkan untuk mengizinkan penggunaan ganja sebagai obat buat bocah berusia enam tahun yang menderita epilepsi langka.

Sebelumnya permohonan keluarga Alfie Dingley dari Warwickshire itu sudah pernah ditolak, namun sesudah pertemuan dengan keluarga, Kementerian Dalam Negeri menyebut “semua opsi terbuka”.

Salah satu opsi yang dibahas adalah penggunaan ganja dalam masa percobaan selama tiga bulan yang dipimpin oleh dokter Alfie, berdasarkan “bukti yang kuat dan cukup”.

Meski begitu, Kementerian Dalam Negeri Inggris menekankan, “belum ada keputusan yang diambil.”

Alfie menderita penyakit epilepsi langka yang membuatnya bisa mengalami kejang-kejang hingga 30 kali dalam sehari.

Ibunya, Hannah Deacon, pernah membawa Alfie ke Belanda untuk menjalani tindakan medis berbasis ganja pada September dan menyebutkan kejang-kejangnya berkurang dalam hal frekuensi, durasi, dan tingkat kekuatan.

Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri menyebutkan, “Pemerintah bersimpati secara mendalam pada situasi sulit yang dihadapi Alfie dan keluarganya.”

“Kami ingin menjajaki semua opsi yang dibutuhkan dan sudah bertemu keluarga Alfie mendiskusikan penanganan yang memungkinkan bagi dia.”

“Belum ada keputusan apa pun dan setiap opsi perlu dipimpin oleh seorang ahli klinis senior dengan menggunakan bukti yang kuat dan memadai.”

Deacon menyambut baik dan menyebut rencana itu sebagai “tawaran yang tulus, karena mereka ingin membantu kami.”

Deacon, ibu Alfie selalu mengupayakan banyak hal untuk kesembuhan anaknya
Image captionDeacon, ibu Alfie selalu mengupayakan banyak hal untuk kesembuhan anaknya.

Anggota kaukus parlemen Inggris untuk kebijakan obat-obatan mendesak pemerintah membantu kesulitan Alfie.

Wakil ketua kelompok itu, Crsipin Blunt, mengatakan, “Sangat tidak berhati dan kejam jika tak membolehkan Alfie mendapatkan pengobatan ini.”

Ganja atau kanabis termasuk golongan 1 dalam daftar obat-obatan terlarang di Inggris. Ganja juga belum diakui manfaatnya dalam pengobatan di Inggris.

Kementerian Dalam Negeri menyebutkan ganja tak bisa diresepkan, disarankan dan dipasok ke publik, dan hanya bisa digunakan untuk penelitian yang menggunakan lisensi khusus.

About author View all posts Author website

60detik

Leave a Reply