Kisah Nyata dari India, Pria Ini Punya 2 Jantung dalam Dadanya

60detik.com – Normalnya, setiap manusia hanya memiliki satu jantung saja. Tapi bagaimana kalau ada orang yang memiliki dua jantung yang berdetak di dalam tubuhnya?

Inilah yang dialami pasien di India. Pria berusia 56 tahun itu memiliki dua jantung yang berdetak di dalam tubuhnya.

Awalnya, pria tersebut menjalani operasi jantung langka dalam usaha terakhir untuk menyelamatkan hidupnya. Operasi yang dimaksud sebenarnya adalah operasi transplantasi standar saja.

Namun, saat operasi berlangsung, para dokter menyadari bahwa organ donor yang akan digunakan terlalu kecil. Itu karena organ tersebut didonorkan oleh seorang remaja yang otaknya mati.

Jantung donor tersebut harusnya berukuran sekepalan tangan manusia. Sayangnya, jantung tersebut sangat kecil, bahkan digambarkan sebagai “bola kecil”.

Dengan cepat, ahli bedah kardiotoraks A Gopala Krishna Gokhale beralih ke rencana cadangan.

Rencana cadangan tersebut adalah menghubungkan jantung sehat dengan organ yang sudah lama “rusak”. Operasi ini akhirnya memakan waktu selama 7 jam di Rumah Sakit Apollo di Hyderabad, India.

Hal ini membuat jantung donornya kini berada di antara paru-paru kanan dan jantung aslinya.

“Dua jantung di dada pasien saling melengkapi untuk memperlancar sirkulasi, tapi detaknya berada pada tingkat yang berbeda,” kata Gokhale dikutip dari The Independent, Senin (19/02/2018).

“Ini adalah prosedur sekali seumur hidup yang dilakukan seorang dokter. Operasi yang dikenal sebagai transplantasi jantung heterotopik jarang terjadi dan di seluruh dunia hanya sekitar 150 prosedur seperti ini yang pernah dilaporkan,” imbuhnya.

Beruntungnya, tekanan darah pasien kembali mendekati tingkat normal pasca-operasi. Tapi, kini pasien tersebut memiliki dua detak jantung dan pola elektrokardiogram yang kompleks.

Bukan Kasus Pertama

Transplantasi jantung heterotopik sendiri adalah operasi yang dipelopori oleh Christiaan Barnard di Afrika Selatan pada 1970-an. Kelangsungan hidup rata-rata untuk prosedur ini bekisar 10 tahun.

Di Inggris, Hannah Clark menghabiskan lebih dari 10 tahun setelah melakukan prosedur ini saat usianya masih 2 tahun.

Jantung donornya “dikeluarkan” pada 206 setelah organ aslinya kembali bekerja dengan baik.

About author View all posts Author website

60detik

Leave a Reply