Kenali Berbagai Tipe Karakter Anak

60detik.com – Setiap anak memiliki berbagai tipe karakter yang berbeda. Mengenal tipe karakter anak sangat penting bagi orangtua agar lebih mudah memahami si kecil dan menentukan bagaimana cara mendidiknya. Dengan memahami karakter anak, Mama juga akan lebih mudah membantu si kecil mengembangkan potensinya.

Menurut seorang filsuf dan bapak kedokteran dari Yunani pada abad ke-5 SM, Hippocrates, ada empat tipe karakter manusia. Agar Mama bisa memahami dan menghadapi buah hati dengan tepat, kenali dulu berbagai macam karakter anak berikut ini. Kira-kira anak Mama masuk yang mana, ya?

  1. Sanguinis

Tipe anak yang satu ini mudah terlihat. Ciri-ciri anak dengan karakter sanguinis yaitu mudah bergaul, ceriwis, penuh energi, suka bermain di luar ruangan, sangat imajinatif, dan humoris. Namun, karena sifat-sifat tersebut si kecil mungkin sering berbuat usil dan bikin Mama gemas. Anak juga mungkin cepat bosan dan sulit berkonsentrasi ketika sedang melakukan sesuatu. Jadi, Mama harus melatih anak untuk lebih fokus dan berkomitmen

  1. Koleris

Hampir sama dengan seorang anak berkarakter sanguinis, anak dengan kepribadian koleris juga penuh energi, bersemangat, dan suka bertualang. Perbedaannya terletak pada dorongannya. Anak koleris cenderung bertingkah semborono dan tidak sabar. Si kecil juga mungkin suka memerintah dan bersikap keras kepala. Ini karena anak koleris biasanya tahu apa yang ia inginkan. Kalau anak sedang marah atau kesal, tunggu sampai emosinya mereda baru ajak bicara baik-baik.

  1. Melankolis

Mirip dengan karakter koleris, anak melankolis juga tahu apa yang ia inginkan dan akan berusaha mendapatkannya, meskipun kadang kesannya anak jadi keras kepala. Namun, anak yang melankolis adalah anak yang penuh perhitungan dan sangat jarang bertindak sembrono. Selain itu, anak mungkin kurang suka kalau ada perubahan rencana dan hal-hal yang tak bisa ditebak. Yang penting Mama selalu ada untuk mendengarkan keluh kesahnya ketika ia sedang kecewa.

  1. Plegmatis

Bila si kecil termasuk anak plegmatis, ia mungkin sering dianggap anak pemalu atau membosankan. Pasalnya, ia adalah anak yang tenang, penuh perhatian, dan tak bisa diburu-buru. Padahal kalau seorang anak plegmatis sudah menemukan minat dan bakatnya, motivasinya akan langsung bangkit. Kuncinya adalah Mama harus banyak bersabar.

Itu dia empat macam karakter anak yang bisa Mama amati. Namun, seorang anak kadang bisa masuk dua tipe karakter sekaligus. Ini karena setiap anak memang berbeda. Yang penting Mama selalu menghargai anak apa adanya. Setuju tidak, Ma?

About author View all posts Author website

60detik

Leave a Reply