Aksi tipu-tipu yang dilakukan Abu Tour & Travel lebih brutal dari First Travel

60detik.com – CEO travel Abu Tours, Abu Hamzah Mamba (35) akhirnya ditetapkan sebagai tersangka kasus pidana Penipuan dan penggelapanpenyelenggaraan Ibadah umroh dan haji dengan nilai kerugian Rp 1,8 triliun.

Aksi tipu-tipu yang dilakukan Abu Tour & Travel lebih brutal dari First Travel.

Jumlah Calon Jamaah Umroh yang dirugikan mencapai 86 ribu orang, yang tersebar di 15 provinsi di Indonesia, dengan nilai kerugian mencapai Rp 1,8 triliun.

Ironisnya, persis seperti Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan, pemilik First Travel, Hamzah Mamba, pemilik Abu Tours & Travel, juga gemar memamerkan Hidup mewah.

Di akun Instagram pribadinya, @abuhamzah12, ia kerap memajang foto-foto dirinya berlibur di berbagai belahan dunia seperti, mulai dari kota-kota besar di Eropa hingga KOTA JUDI Las Vegas.

Bahkan saking berlebihnya UANG HARAM hasil jarahannya, Abu Hamzah sempat mengalirkannya sebagian dengan menjadi Sponsor Aksi 212 yang menuntut Ahok dipenjara.

Hamzah memulai usahanya dari bawah sekali. Sebelum menekuni bisnis travel Tifu Tifu yang melambungkan namanya, profesi Hamzah adalah Tukang Es krim keliling di Jakarta.

Hamzah memulai bisnis travel tipu-tipunya mulai dari nol sekitar 8 tahun lalu. Ia memulai usahanya dengan menyewa sebuah ruko kecil yang terletak di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat.

Bermodal iming-iming Paket Umrah Murah dengan harga tak masuk akal, Abutours mulai memberangkatkan jamaah umrah pada tahun 2011. Awalnya, hanya 100 orang.

Setahun kemudian meningkat menjadi 500. Kemudian tahun 2013 naik menjadi 1.500 orang, dan membengkak menjadi 3.000 orang pada tahun 2014. Lonjakan signifikan terjadi pada tahun 2015, Abu Tour memberangkatkan 7.000 orang.

Gerak gerik travel tipu-tipu ini seakan tak terbendung. Lewat agennya mereka bahkan telah merangsek hingga ke Pelosok Desa, Abutours terus panen jamaah.

Namun akhirnya bisnis Skema Ponzi ini akhirnya Ambruk, belakangan perusahaan ini tak mampu lagi memberangkatkan puluhan ribu jamaahnya.

Hamzah dijerat pasal 372 dan 378 KUHP serta Pasal Pencucian uang, dengan ancaman pidana penjara paling lama 20 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 10 miliar.

Sebelum digiring ke tahanan, Abu Hamzah sempat berpesan kepada para jemaah yang merasa Tertipu olehnya agar Sabar Ikhlas Dan Tawaqal, mengikhlaskan kerugian materil mereka.

About author View all posts Author website

60detik

Leave a Reply