Ahok diBUI, #KamiAhok vs #AhokTersangka Trending Topic di Twitter

banner-artikel-kompas-bola-04

JAKARTA, 60detik.com — Bareskrim Polri menetapkan Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama.

banner-artikel-kompas-bola-04

Kabar penetapan tersebut mengundang reaksi netizen di jejaring sosial Twitter. Hal yang menarik, tagar yang menduduki posisi teratas bukanlah #AhokTersangka, melainkan #KamiAhok.

Pantauan KompasTekno, pada Rabu (16/11/2016) pukul 11.00 WIB, tagar #KamiAhok sudah menduduki urutan teratas daftar Trending Topic untuk Indonesia.

#KamiAhok menjadi teratas berkat reaksi netizen yang kebanyakan memberikan dukungan dan pembelaan kepada Ahok.

Twitter
#KamiAhok menjadi trending topic di Twitter wilayah Indonesia
“Saat ini yang perlu kita lakukan adalah mendukung Ahok tanpa lelah #KamiAhok,” kicau seorang pengguna Twitter dengan akun @Sarah_Pndj.

“Tetap semangat Pak @basuki_btp, tersangka bukan berarti bersalah #KamiAhok,” tweet pengguna lain, @Ratu_Wi.

Hingga berita ini ditayangkan, total tweet yang terkait dengan tagar #KamiAhok tercatat sebanyak 13.300-an kicauan.

Tidak hanya #KamiAhok, ada juga tagar balasan, yakni #PenjarakanAhok. Kebanyakan isi kicauan tersebut menuntut Ahok untuk dipenjara.

Selain kedua tagar tersebut, pengguna Twitter juga banyak menggunakan kalimat “Ahok jadi tersangka” dan “tersangka”.

banner-artikel-kompas-bola-04

Penetapan tersangka sendiri dilakukan setelah gelar perkara terbuka terbatas yang dilakukan di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Selasa (15/11/2016).

Dalam gelar perkara, masing-masing pihak dari kepolisian, pelapor, dan terlapor menyampaikan pendapatnya. Dari hasil gelar perkara, polisi memutuskan untuk melanjutkan penyelidikan kasus Ahok ke tingkat penyidikan.

Ahok ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan Pasal 156 a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

            

About author View all posts

Mimin

Leave a Reply