7 Lokasi Selfie Paling Berbahaya yang Harus Kamu Hindari

60detik.com – Siapa yang tak suka mengabadikan momen terbaik dirinya? Nyaris tak ada. Dan seiring perkembangan media sosial, potret diri oleh diri sendiri alias selfie kian lekat dengan gaya hidup masyarakat, terutama milenial.
Masalahnya, kadang momen terbaik itu tak datang begitu saja. Padahal, bagi banyak milenial, Instagram mesti diisi rutin untuk menunjukkan eksistensi diri. Maka, tak jarang untuk memperoleh foto bagus yang Instagramable, berbagai cara dilakukan, dari yang masuk akal sampai ‘kehabisan akal’ atau bahkan tak pakai akal.
Mulai mendatangi kafe yang punya spot foto menarik untuk selfie (bukan untuk menikmati sajian makanannya) hingga berselfie di tempat berbahaya.

Lipsus Republik Selfie

Republik Selfie. (Foto: Shutterstock)

Berikut deretan spot selfie berbahaya yang kerap bikin celaka dan sebaiknya kamu jauhi untuk berswafoto.
1. Rel Kereta
Lintasan kereta jelas bukan tempat aman untuk selfie. Saat kamu sedang berkonsentrasi pada kamera ponsel, bisa jadi kamu tak sadar kereta datang. Bila itu sampai terjadi, akibatnya fatal seperti pada video Instagram di atas.
2. Bangunan tinggi

Senang dengan ketinggian, pintar memanjat, atau menyukai aktivitas yang memacu adrenalin memang tak salah, asalkan dilakukan di tempat yang tepat. Kalau amatir, jangan coba-coba meniru ulah Angela Nikolau dari Moskow.
Untuk mendapatkan foto menarik dan anti-mainstream, Nikolau rela memanjat puncak-puncak tinggi di dunia.
Memiliki pengikut sekitar 550 ribu orang, wanita cantik ini sudah pernah berfoto di Hong Kong Victoria Park, Victoria Peak, hingga mesin derek atau crawler crane tertinggi di dunia yang berada di Tianjin, China.
Kini, semakin banyak orang yang hobi selfie di puncak bangunan tinggi.
Jangan pernah memanjat tanpa pengaman. Wu Yongning, seorang pria China yang dikenal gemar memanjat gedung-gedung tinggi, jatuh dan tewas karenanya.
3. Tepi Tebing
Selfie di pinggir tebing memang bisa membuat foto kamu sangat anti-mainstream. Belum lagi, kesan jiwa petualang yang kuat pasti akan langsung terlihat dari fotomu. Tapi, tebing sudah pasti salah satu spot berbahaya untuk berselfie.
Salah langkah sedikit saja, kamu bisa langsung celaka dan jatuh ke jurang.
4. Dekat kawah gunung api
Menjelajah alam tentu boleh. Tapi kamu harus ingat, alam memiliki tempat dan aturannya sendiri, plus punya kekuatan jauh lebih hebat dari yang disangka manusia.
Oleh sebab itu, saat bertualang di tempat wisata, kamu juga harus memikirkan sisi keamananmu. Jangan seperti beberapa pengunjung ini yang malah selfie di pinggir kawah gunung api aktif.
Tak mudah berfoto di sekitar kawah gunung api karena ini area berbahaya. Meleng sedikit, kamu bisa tercebur ke dalam kawah yang panas menggelegak.
5. Jalan Raya
Selfie saat berolahraga atau melintas di jalan raya memang bisa menghasilkan foto menarik. Tapi, selfie di tempat seperti ini sebaiknya kamu lakukan saat kondisi sangat sepi agar tidak mengganggu lalu lintas atau mengancam keselamatan pengendara lain.
Jangan selfie di jalan tol! Bukan saja karena menyalahi peraturan, tapi juga bisa membahayakan pengendara lain yang sedang melintas.
6. Monumen Bersejarah
Kadang-kadang kita lupa ada beberapa spot yang tidak memperbolehkan pengunjungnya untuk berselfie. Contohnya saja The Holocaust Memorial di Berlin, Jerman, yang merupakan monumen untuk mengenang orang-orang Yahudi korban genosida oleh Nazi pada Perang Dunia II.
Masih ingat kan apa yang terjadi ketika Syahrini berselfie ria di tempat itu? Ia dianggap tidak menghargai sejarah kelam.
Jangan lupa juga, selfie di tempat bersejarah atau monumen ikonik bisa jadi petaka apabila tidak dilakukan dengan hati-hati, seperti di patung Christ the Redeemer atau Kristus Penebus yang berlokasi di Rio de Janerio, Brasil, ini.

About author View all posts Author website

60detik

Leave a Reply